assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. kali ini saya akan memberikan contoh teks biografi yang telah saya buat bersama kelompok saya, ya meskipun yang bekerja hanya beberapa saja :). Saya membuat ini karena merupakan tugas proyek dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Mungkin teman - teman juga disuruh untuk membuat teks biografi oleh guru kalian. Inilah contoh teks biografi buatan saya dan kelompok saya.
“Membuat Teks Biografi”
Disusun Oleh :
Amalia Putri (04)
Fitri Dewi Anisa (11)
M. Ariq Zainurrifqi (14)
R. Moh. Lazuardi Rahman (25)
Ryan Andhika Putra (28)
SMP
Negeri 1 Sumenep
Jalan
Payudan Barat No. 7
Tahun
Pembuatan 2015
Kata
Pengantar
Puji
syukur kehadirat Allah Subhanahu wa
ta’ala yang telah berkenan memberikan limpahan nikmat, rahmat, dan
hidayahnya kepada kita semua. Shalawat dan salam semoga ditetapkan kepada
junjungan kita yang mulia, Nabi Agung
Muhammad shalallahu’alaihi wa sallam, kepada keluarga, kerabat, sahabat,
dan umatnya hingga akhir zaman. Allahumma
amiin.
Kami
bersyukur sekali dapat menulis dan menyelesaikan tugas proyek Bahasa Indonesia
ini dengan proses yang cukup lancar dan mendapatkan hasil yang baik dan benar. Semoga
dari apa yang telah kami upayakan dalam mengerjakan tugas ini tercatat sebagai
amal kebaikan yang akan menambah timbangan pahala di sisi-Nya kelak. Rasa terima kasih kami haturkan kepada guru Bahasa
Indonesia kami yang memberi tugas ini agar dapat bermanfaat untuk menambah
pengetahuan kami dalam membuat teks biografi. Ucapan terima kasih yang sama
juga kami haturkan kepada pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan tugas
proyek ini, terutama kepada saudara Haikal Nur Hazazi yang telah berkenan
meluangkan waktunya untuk melakukan wawancara agar tugas kami dapat
terselesaikan dengan baik.
Kelompok
kami mohon maaf apabila ada serangkai, dua rangkai kata yang masih kurang
berkenan di hati para pembaca. Karena kami sebatas manusia biasa yang juga tak
luput dari kesalahan. Maka dari itu, hanya kepada Allah-lah kami senantiasa meminta pertolongan dan kemudahan.
Semoga tugas
ini bisa memberi manfaat dan menjadi salah satu amal jariah bagi semua pihak
yang terlibat dalam penulisan tugas proyek ini. Semoga Allah Ta’ala selalu memberikan keberkahan dan pertolongan-Nya kepada kita semua. Amiin Yaa Robbal Alamin.
Sumenep, 19 Maret 2015
(penulis)
BAB I
Pendahuluan
1.1
Latar Belakang
Kami
membuat teks biografi ini untuk memenuhi tugas proyek Bahasa Indonesia. Adapun
Teks Biografi itu sendiri merupakan teks yang berisi tentang riwayat hidup
seseorang yang ditulis oleh orang lain.
Maka dari itu kelompok kami memilih saudara Haikal
Nur Hazazi sebagai tokoh dalam penyusunan teks biografi ini, karena ia
merupakan salah satu dari sekian banyak siswa berprestasi yang ada di SMPN 1
Sumenep yang tentunya dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi para pembaca
teks ini.
Hasil kerja kerasnya dalam belajar, membuat dia
mendapatkan berbagai penghargaan semasa SD. Bukan hanya pada saat SD, saat SMP pun
dia meraih berbagai kejuaraan di berbagai bidang. Baik di bidang akademik
maupun non-akademik. Hobinya yang suka bermain game dan menonton film
anime tidak mengganggu proses belajarnya. Karena dia dapat membagi waktu
bermain dan waktu belajar dengan baik.
Oleh karena itu, Haikal Nur Hazazi dijadikan tokoh
utama dalam teks biografi yang kami susun. Karena sikap dan sifat positif yang
ada pada diri Haikal.
1.2
Tujuan
-
Untuk di sebarluaskan agar sikap dan sifat positif
tokoh biografi dapat diteladani oleh khalayak ramai.
-
Untuk mengetahui prestasi-prestasi yang dicapai oleh
tokoh biografi.
1.3 Perencanaan kegiatan :
1. Menentukan tokoh yang akan
dibuat teks biografinya.
2. Menentukan jadwal dan
tempat wawancara.
3. Melakukan wawancara.
4.Mendokumentasi wawancara
yang dilakukan kelompok kami.
5. Menyusun teks biografi.
6. Narasumber membaca hasil
teks biografi yang disusun oleh kami.
7. Kami membukukan hasil teks
biografi yang telah dibuat.
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Tempat
|
1
|
Diskusi penentuan tokoh
|
Jum’at, 27 Februari 2015
|
Sekolah
|
2
|
Penentuan jadwal wawancara
|
Senin, 2 Maret 2015
|
Sekolah
|
3
|
Wawancara
|
Selasa, 3 Maret 2015 dan Kamis, 5 Maret 2015
|
Sekolah
|
4
|
Mendokumentasi wawancara
|
Selasa, 3 Maret 2015
|
Sekolah
|
5
|
Menyusun teks biografi
|
Minggu, 15 Maret 2015
|
Di rumah Fitri
|
6
|
Narasumber membaca hasil teks biografi yang telah
dibuat
|
Senin, 16 Maret 2015
|
Sekolah
|
7
|
Membukukan hasil teks biografi
|
Kamis, 19 Maret 2015
|
Sekolah
|
BAB II
2.1 Pembahasan
Haikal
Nur Hazazi
Generasi
Siswa Berprestasi
Haikal Nur Hazazi, itulah nama dari salah satu siswa
berprestasi yang sekarang masih duduk di bangku SMP. Ia lahir di Kalianget, Sumenep,
18 Juli 1999. Ia dikenal sebagai murid yang aktif dan produktif dalam semua mata
pelajaran terutama biologi. Ia dikenal sebagai anak yang cerdas dan banyak
meraih prestasi. Bukan hanya di bidang akademik, tetapi di bidang non-akademik
pun ia banyak mendapatkan penghargaan atas prestasi yang ia capai. Dengan posisinya
yang sekarang, tidak mempengaruhi sifat aslinya. Ia tetap berlaku sama terhadap
teman-teman lainnya, tidak merasa besar kepala. Walaupun perjalanannya dalam
mengenyam pendidikan masih panjang, namun dari apa yang sudah ia raih sekarang,
dapat membuktikan bahwa dialah calon generasi muda berprestasi yang kelak dapat
memimpin bangsa. Semoga dengan prestasi yang ia raih dapat diteladani oleh
siswa-siswi lainnya di masa yang akan datang.
Ia dilahirkan di keluarga yang sederhana. Ayah dan ibunya
berprofesi sebagai guru. Ayahnya yang bernama Drs. Moh. Sahid dan ibunya
bernama Hanifah S.Pd. Di lingkungan keluarganya, ia sering dipanggil dengan sebutan
nama mas Ekang atau mas Hekal.
Haikal memulai pendidikannya di TK Pertiwi Ambunten. Lalu ia
melanjutkan sekolahnya ke SDN Ambunten Timur 1. Selanjutnya ia melanjutkan
pendidikannya di kota Sumenep, tepatnya di SMPN 1 Sumenep. Sekolah yang masih
ia tempati hingga saat ini. Setelah lulus SMP, ia berkeinginan untuk
melanjutkan pendidikannya di luar kota. Yaitu di kota Pamekasan, tepatnya di SMA
3 Pamekasan (merupakan sekolah unggulan yang murid-muridnya memiliki potensi
cukup besar untuk masuk ke Universitas Negeri).
Selama dia bersekolah di SD dia selalu mendapat rangking 1
kecuali kelas 3. Dia menjadi bintang di Ambunten. Dia mulai mendapatkan
prestasi – prestasi yang membanggakan sejak saat dia duduk di bangku SD sejak
kelas 4. Dari kelas 4, 5, dan 6 SD dia masuk tim pembinaan di sekolah. Jadi dia
tidak ikut pelajaran dia sekolah karena setiap pagi, sore, dan malam dia dibina
oleh pembimbingnya untuk persiapan mengikuti lomba. Selain prestasi di bidang
akademik dia juga mempunyai prestasi di bidang non-akademik. Saat kelas 4 dan 5
SD dia pernah mengikuti lomba pidato
se-kabupaten dan mendapatkan juara 4 dan 3. Dia juga pintar dalam bidang agama,
buktinya dia pernah mengisi ceramah islami di madrasahnya.
Saat dia mulai masuk di SMPN 1 Sumenep, dia masuk peringkat
30 besar. Dan dia masuk ke kelas 7-6, yang pada saat itu merupakan kelas
unggulan satu-satunya di SMPN 1 Sumenep. Semasa SMP, ia mengikuti berbagai
perlombaan. Ia mendapatkan Juara 1 dalam lomba OSN bidang Biologi dan Juara 3
Smart Contest yang baru-baru ini ia ikuti.
Sampai saat ini, ia masih mempertahankan prestasinya yang
pernah ia raih dulu. Sekarang dia tidak bisa mengikuti lomba lagi karena dia
sudah kelas 9. Dia tidak diperbolehkan untuk mengikuti lomba karena takut
mengganggu kelancarannya dalam persiapan untuk mengikuti ujian yang sebentar
lagi akan diikutinya. Walaupun ia dalam persiapan mengikuti ujian, namun ia
tetap tekun mengerjakan latihan-latihan soal di berbagai tingkatan agar selalu
siap dalam mengikuti perlombaan yang akan ia hadapi dimasa yang akan datang.
Sikap inilah yang harus kita teladani dari sosok Haikal Nur Hazazi.
BAB III
Penutup
3.1 Kesimpulan :
Haikal Nur Hazazi
merupakan siswa berprestasi yang ada di SMPN 1 Sumenep. Meskipun perjalanan
pendidikannya masih panjang, namun sudah bisa diyakini bahwa dialah calon
generasi muda berprestasi yang kelak dapat memimpin bangsa dengan
kecerdasannya.
3.2 Saran :
Sebaiknya para pembaca
dapat menjadikan tokoh Haikal Nur Hazazi sebagai motivasi untuk lebih maju
dalam mencapai impian yang ingin dicapai. Selanjutnya untuk mencapai impian itu harus diwujudkan dengan Do’a dan usaha. Tetapi tanpa do’a dari
orang tua hal itu juga sulit untuk diwujudkan. sekian saran dari peyusun.
Semoga bermanfaat.
Jangan lupa jika ingin melihat hal - hal lain tentang sastra dan yang lain datangi perpustakaansmpn1sumenep.blogspot.com dan jangan lupa buka blog mas Haikal mastereverything2.blogspot.com sekian trims.
Jangan lupa Comment di bawah ya. ! Salam Pelajar!!!
Halo selamat siang, saya kembali untuk memposting teks biografi. Dan yang akan saya posting hari ini adalah teks biografi buatan teman-teman saya yang lain kelompok dengan saya.
Inila contoh teks biografinya
Tugas
Proyek Bahasa Indonesia
Menulis
Teks Biografi
Kelompok : 4
Kelas : VIII-2
Nama Anggota :
1.
Anas Zainur Rahman (05)
2.
Anggi Sari Dewi (06)
3.
Moh. Fachrur Rozi (18)
4.
Nur Fairus Silmy (24)
5.
Suadah (32)
SMP NEGERI 1 SUMENEP
Jalan Payudan Barat No.7 Pabian
Tahun 2015
Kata Pengantar
Alhamdulillahi rabbil’alamin
segala puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wa ta’ala yang telah
berkenan memberikan limpahan nikmat, rahmat, dan hidayahnya kepada kami. Hanya
kepadanya kami menyembah dan hanya kepadanya kami memohon pertolongan. Semoga
shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada junjungan besar Nabi Muhammad shalallahu’alaihi
wa sallam. Allahumma amin.
Kelompok kami sangat bersyukur dapat menulis dan menyelesaikan
tugas proyek Bahasa Indonesia ini dengan proses yang cukup lancar dan semoga
kelompok kami mendapatkan hasil yang baik dan benar. Semoga dari apa yang telah
kami upayakan dalam mengerjakan tugas ini tercatat sebagai amal kebaikan yang
akan menambah timbangan pahala di sisi-Nya kelak. Kelompok kami mohon maaf
apabila ada serangkai, dua rangkai kata yang masih kurang berkenan di hati para
pembaca yang terdapat pada tugas proyek ini karena kami pun hanya sebatas
manusia biasa yang juga tak luput dari kesalahan. Maka dari itu, hanya kepada
Allah-lah kami senantiasa meminta pertolongan dan kemudahan dalam menjalani
semua yang akan kami hadapi nanti.
Rasa terima kasih kami juga haturkan kepada guru
Bahasa Indonesia kami yang telah memberi tugas ini agar dapat bermanfaat untuk
menambah pengetahuan kami dalam membuat teks biografi. Ucapan terima kasih yang
sama juga kami haturkan kepada pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan tugas
proyek ini. Terutama kepada bapak Moh. Sadik selaku tokoh utama dalam teks biografi yang kami buat, yang
telah berkenan meluangkan waktunya untuk melakukan wawancara agar tugas kami
dapat terselesaikan.
Akhirnya, semoga teks biografi ini dapat memberikan manfaat dan
menjadi salah satu amal jariah bagi semua pihak yang terlibat dalam penulisan
teks biografi ini. Semoga Allah ta’ala selalu memberikan keberkahan dan
pertolongannya kepada kita semua. Amin Ya Rabbal’alamin.
BAB I
Pendahuluan
Latar Belakang
Kelompok kami menulis teks biografi ini untuk memenuhi tugas proyek
Bahasa Indonesia. Teks biogarfi adalah tulisan tentang riwayat hidup atau
perjalanan hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Teks biografi ditulis
karena keunikan dan prestasi yang dimilikinya sehingga kita dapat mengambil
nilai-nilai kehidupan berdasarkan kisah yang dialami oleh tokoh dalam biografi
tersebut.
Kami memilih bapak Moh.Sadik sebagai tokoh biografi dari tugas ini
karena kebetulan beliau adalah ayah dari salah satu anggota kelompok kami dan
juga bapak Moh.Sadik merupakan salah satu tokoh ternama di Sumenep. Karena
beliau merupakan Bapak Kepala Sekolah di SMA Negeri 1 Sumenep.
Bukan hanya hal tersebut, banyak juga prestasi yang dihasilkan dari
kerja keras beliau selama ini. Bekerja keras selama ini secara mandiri untuk
memenuhi kehidupannya sendiri sebelum beliau menikah dengan istrinya. Banyak
penghargaan yang beliau dapatkan.
Setelah beliau menikah pun banyak prestasi-presatasi yang beliau
peroleh dari hasil kerja kerasnya selama ini. Hal tersebut bukanlah hal yang
mudah.
Oleh karena itu kami memilih bapak Moh.Sadik sebagai tokoh dari
teks biografi kami, karena bapak Moh.Sadik dapat menjadi panutan buat kami yang
masih saat ini duduk di bangku SMP atau masih pelajar. Semoga dari teks
biografi yang kami susun ini bisa bermanfaat untuk kita semua.
Tujuan
1.
Untuk
mengetahui perjalanan hidup Bapak Moh. Sadik.
2.
Untuk
mengetahui prestasi yang diperoleh Bapak Moh. Sadik.
3.
Untuk
meneladani sikap-sikap teladan dari Bapak Moh. Sadik.
Perencanaan
kegiatan :
Ø Kegiatan awal sampai akhir :
1. Menentukan tokoh yang
akan dijadikan narasumber.
2. Mewawancarai si tokoh
agar mendapatkan data yang akurat.
3. Mulai menulis atau
menyusun biografi dari si tokoh berdasarkan bahan yang sudah ada.
4. Si tokoh membaca tulisan
biografi dari si tokoh.
5. Membukukan teks biografi.
Ø Jadwal
kegiatan :
1. 1 Maret 2015 : menentukan
si tokoh yang akan dijadikan narasumber.
2. 4 Maret 2015 :
mewawancari si tokoh agar mendapatkan data yang akurat.
3. 8 Maret 2015 : menulis atau
menyusun biografi dari si tokoh berdasarkan bahan yang sudah ada.
4. 11 Maret 2015 : kedua
kalinya menulis atau menyusun biografi dari si tokoh berdasarkan bahan yang
sudah ada.
5. 15 Maret 2015 : si tokoh
membaca tulisan biografi dari si tokoh.
6. 19 Maret 2015 :
membukukan teks biografi.
BAB II
Pembahasan
Moh.Sadik
Seorang yang Mandiridan Kerja Keras
pak Sadik, nomor 2 dari kiri
Hidup adalah perjuangan. Begitulah mungkin apa yang telah dilakukan
oleh Bapak Moh. Sadik. Bapak Moh. Sadik adalah kepala sekolah di SMAN 1
Sumenep. Beliau lahir di Sumenep, Jawa Timur, 6 Agustus 1965.Beliau anak dari
bapak Alm. Mohammad Tahir dan ibu Hj. Nafiah. Beliau suami dari ibu Noer Aqfani.
Beliau anak ke 4 dari 5 bersaudara. Beliau memiliki 3 orang anak. Anak pertama
berumur 24 tahun yang sekarang sudah bekerja yang bernama Muh. Fakhri Ilman, anak
kedua Muh. Fikrul Ilmi berumur 20 tahun yang sekarang masih kuliah di Malang,
dan anak ketiga atau terakhir berumur 14 tahun yang sekarang masih duduk di
bangku SMP yaitu Nur Fairus Silmy.
Waktu
kecil, beliau tidak bersekolah TK dan langsungmasuk SD umur 5 tahun. Beliau bersekolah
di SDN Lalangon, Manding. Awalnya, beliau ditolak masuk SD karena kurang umur
dan berbadan kecil. Akan tetapi, karena bapaknya meminta kebijaksanaan kepada bapak
kepala sekolah untuk dapat menerimanya di sekolah tersebut. Meskipun, umurnya
kurang dan berbadan kecil ketika awal masuk SD, beliau memiliki prestasi yang sangat
menonjol dibandingkan teman-temannya waktu di SD. Banyak prestasi yang
diperolehnya. Prestasi yang diperolehnya bukan hanya di bidang akademik tetapi
juga pada bidang non akademik.
Kehidupan
keluarganya sangat sederhana. Hal itu bisa dilihat pada saat beliau sekolah di SD,
setiap berangkat ke sekolah selalu membawa sapi ke sawah milik bapaknya. Sering
juga ketika pulang sekolah beliau tidak langsung pulang melainkan masih
menjemput sapinyadi sawah bersama bapaknya. Pada hari yang lain beliau
kadang-kadang pulang sekolah sambil memikul janur kuning yang akan dijual pada
tetangganya yang menjual soto ayam. Janur kuning itu sebagai bahan untuk
membuat ketupat.
Beliau
masuk SMP umur 11 tahun. Beliau bersekolah di SMP Negeri 1 Sumenep. Ketika
masuk SMP beliau tidak lagi berkumpul dengan orang tuanya, akan tetapi beliau
berkumpul bersama keluarganya yang lain di Kepanjin sampai lulus SMA. Selama
berkumpul bersama keluarganya beliau hidup secara mandiri dan banyak membantu.
Hal itu membawa pengaruh kepada kemandiriannya. Pada umur 12 tahun beliau sudah
bercita-cita menjadi seorang guru.
Beliau
masuk SMA umur 15 tahun. Beliau bersekolah di SMAN Sumenep atau sekarang SMA
Negeri 1 Sumenep. Setelah lulus SMA, beliau mengambil jurusan Bimbingan
Konseling (D3) di IKIP Malang dari tahun 1983-1986. Selama kuliah di sana, ia
aktif dalam kegiatan kemahasiswaan dan keagamaan di kampus IKIP Malang, beliau juga
aktif menulis. Beberapa tulisannya, dimuat di surat kabar dan majalah. Beliau
hobi membaca, menulis, dan mengaji.
Selesai
studi beliau diangkat menjadi guru di SMAN 2 Lumajang. Mengajar di SMA itu beliau
lakukan mulai tahun 1987-1991. Sejak menjadi guru beliau mulai mencari
pendamping hidup. Maka tepat tanggal 16 Juli 1989, beliau menikah dengan seorang
gadisyang bernama Noer Aqfani. Pernikahan itu terjadi saat beliau berumur 24 tahun dan istrinya masih berumur 19 tahun.
Tetapi, beliau menikah bukan atas kemauan beliau sendiri melainkan dijodohkan
karena masih ada hubungan kekeluargaan.
Setelah
itu dari tahun 1992-2006 beliau menjadi guru dan tahun 1998-2000 menjadi wakil
kepala sekolah di SMAN 1 Sumenep. Dari tahun 1999-2001 beliau meneruskan
pendidikannya di Universitas PGRI Adibuwana, Surabaya pada jurusan pendidikan
Bahasa Indonesia (S1). Mulai tahun 2009 sampai dengan tahun 2011 beliau
melanjutkan pendidikannya di Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surabaya
pada jurusan pendidikan Bahasa Indonesia. Dari
tahun 2007-2009 beliau menjadi kepala sekolah di SMAN 1 Masalembu. Selanjutnya,
pada tahun 2009-2010 beliau menjadi kepala sekolah di SMAN 1 Bluto.Beliaujuga
menjadi kepala sekolah SMAN 1 Sumenep tahun 2011-sekarang.
Banyak
peristiwa yang tidak akan dilupakan oleh beliau diantaranya beliau jatuh
ketindih sepeda saat belajar naik sepeda di saat beliau masih kecil, ketika
beliau menjuarai beberapa lomba, dan pada saat menunaikan tugas ke Masalembu,
pada waktu itu kapalnya menabrak karang. Pada saat itu pula beliau pertama kali
menaiki kapal. Beliau juga pernah jatuh dari sepeda motor saat boncengan
bersama temannya, kehilangan sepedanya saat SMA, dan kehilangan sepeda motor
saat pergi ke dokter. Peristiwa-peristiwa tersebut tidak akan pernah beliau
lupakan. Karena peristiwa tersebut sangat berkesan untuk beliau.
Beliau
adalah seorang yang patut diteladani. Sejak kecil hingga sekarang, beliau sudah
memiliki prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik.Pada tahun 1975
beliau mendapatkan juara 2 cerdas cermat se Kec. Manding juga mendapatkan juara
2 lomba baca puisi. Dan pada tahun yang samabeliau mendapatkan juara 3 catur se
Kec. Manding serta juara 3 lomba cerdas cermat se kabupaten Sumenep. Pada tahun
2003 beliau mendapatkan prestasi sebagai juara 2 guru berprestasi se Kabupaten
Sumenep. Pada tahun 2010 beliau mendapatkan prestasi sebagai juara 1 kepala
sekolah SMA berprestasi se Kabupaten Sumenep dan pada tahun 2014 lalu beliau juara
2 instruktur nasional kepala sekolah se Provinsi Jawa Timur. Karena hobinya
yang senang menulis, kini beliau bersama teman-temannya telahmenerbitkan
antologi puisi berjudul “Pulang Kampung”. Semuanya beliau dapatkan karena
kemandirian dan kerja keras yang menjadi bagian dari hidup beliau.
BAB
III
Penutup
Kesimpulan
Kami dapat menyimpulkan bahwa Bapak
Moh. Sadik bukan hanya sebagai Bapak Kepala sekolah yang bijaksana dan
berwibawa, namun juga seorang ayah yang hebat dan bertanggung jawab.
Sifat-sifatnya dapat kita teladani dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
Selain itu, keberhasilan bapak Moh. Sadik dapat kita contoh bahwa dibalik
kesuksesan selalu ada perjuangan dan kerja keras.
Saran
Kita sebagai makhluk hidup harus
mensyukuri nikmat Allah yang telah Allah berikan. Meskipun kita terlahir dari
keluarga yang sederhana, kita tidak boleh berputus asa. Jika kita ingin sukses,
kita harus bekerja keras dan mandiri seperti yang dilakukan bapak Moh. Sadik.
Apabila kita membiasakan hidup mandiri, maka kita tidak akan selalu bergantung
kepada orang lain. Jika kita bekerja keras, maka keinginan kita akan tercapai.
Sikap kemadirian dan kerja keras itulah yang membuat bapak Moh. Sadik suksek
hingga sekarang. Kita sebagai pelajar mulai dari sekarang harus membiasakan
hidup mandiri dan bekerja keras.
Bagaimana teks biografi yang diatas? bagus bukan? jangan lupa komen ya.
Ingin teks biografi yang lain?? Silahkan klik Disini.
Good,, teruskan bakatmu itu riq :D
BalasHapusOke.. trims kapten
BalasHapusOke.. trims kapten
BalasHapus(y)
BalasHapusterima kasih
Hapus